tanaman hias daun untuk taman dan rumah

10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Diposting pada

Tanaman hias daun berbeda dengan tanaman bunga hias yang kecantikan dan keindahannya dapat dilihat dari tampilan bunganya. Unsur keindahan dari tanaman hias daun ini dapat dilihat dari daunnya. Kebanyakan orang menggunakan tanaman hias ini untuk memperindah tampilan dalam rumah karena karakteristik tampilannya yang cocok disimpan di dalam ruangan.

Salah satu keuntungan dari memilih tumbuhan hias daun adalah perawatannya yang lebih mudah, apalagi jika disimpan di dalam ruangan.

1. Tanaman Hias Daun Suplir

tanaman hias daun suplir e1594469925538 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Suplir adalah tumbuhan paku-pakuan yang termasuk dalam marga Adiantum yang berkembang biak dengan spora yang dihasilkan oleh sporangium. Spora suplir terbentuk di bagian bawah daunnya yang membentuk gugusan berwarna cokelat atau hitam yang disebut sorus.

Tanaman ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih menyegarkan karena tampilannya yang cantik. Meskipun terkesan memanjakan mata, tanaman ini cukup sulit dirawat. Tahukah anda bahwa suplir membutuhkan lingkungan yang tidak kering serta udara yang bersih untuk tumbuh dengan baik. Oleh karena itu iklim dataran tinggi dan pegunungan sangat cocok untuk jenis tanaman hias ini.

2. Tanaman Hias Daun Tanduk Rusa

tanaman hias daun tanduk rusa - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Tanaman tanduk rusa banyak ditemukan dan sering dipelihara sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang menjuntai panjang dan terlihat indah. Tanduk rusa hidup dengan cara menempel pada tanaman induk. Walau hidupnya menempel pada tanaman lain, namun tanduk rusa ini memiliki sifat epifit, yaitu tidak merugikan tanaman inangnya.

Tanduk rusa adalah nama tanaman sejenis paku-pakuan. Selain disebut dengan daun tanduk rusa, disebut juga dengan nama dengan nama simbar menjangan (Jawa & Bali) dan paku uncal (Sunda).

Ciri-ciri tanaman ini adalah permukaan daunnya mirip kulit rusa yaitu kasar, daun tanduk rusa menjuntai ke bawah bercabang-cabang menyerupai tanduk binatang rusa yang terbalik. Pada dasarnya tanduk rusa merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu berupa akar dan rimpang batang membentuk bungkah kool berwarna coklat dan jutaian helaian daun berwarna hijau.

Tanaman yang sering disebut sebagai Simbar Menjangan ini merupakan tanaman hias yang bisa dijumpai tumbuh liar di seluruh daerah tropis.

Tanaman yang bisa ditempel di pohon atau digantungkan di dinding ini harus disimpan di tempat yang teduh atau tidak langsung terkena sinar matahari.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, tanduk rusa ini juga berfungsi sebagai obat herbal untuk mengatasi permasalahan dan penyakit seperti :

  • Obat demam
  • Obat bisul
  • Obat radang rahim luar
  • Obat abses
  • Obat haid tidak teratur

3. Tanaman Hias Daun Lidah Mertua

tanaman hias daun lidah mertua e1594470273271 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Tanaman lidah mertua memiliki tampilan yang cantik sehingga sangat cocok digunakan untuk mempermanis tampilan dalam rumah. Tanaman yang dikenal dengan nama latin sansevieria ini merupakan tumbuhan tropis dari Afrika Barat yang mudah sekali tumbuh.

Tanaman lidah mertua memiliki banyak manfaat yang belum diketahui orang banyak. Mulai dari menyerap polusi dan radiasi hingga merawat rambut agar selalu berkilau, lidah mertua menyimpan sejuta manfaat yang bisa meningkatkan kualitas hidup.

4. Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

tanaman hias daun kuping gajah e1594470381520 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Anthurium crystallinum dikenal masyarakat sebagai tanaman kuping gajah. Daun tanaman hias daun kuping gajah ini berukuran besar dan berbentuk hati. Inilah yang membuatnya disebut sebagai tanaman kuping gajah. Daunnya ditopang oleh tangkai kecil yang tegak berdiri ke atas. Warna hijau pekatnya ditemani tulang daun berwarna putih kehijauan.

Tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini memiliki jumlah daun yang banyak alias lebat. Jika sudah bertumbuh besar, tanaman kuping gajah bisa mencapai ukuran panjang 20-40 cm dan lebar 15-38 cm.

5. Tanaman Hias Daun Puring

tanaman hias jenis daun puring e1594470542989 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Tanaman Puring yang memiliki nama latin Codiaeum Variegatum Bi adalah jenis tanaman hias yang populer karena keindahan daunnya yang memiliki corak warna yang beragam.

Perpaduan warna seperti kuning, orange, hijau, jingga, merah dan ungu hingga biru menambah cantik pekarangan rumah anda, penempatan dalam ruangan pun dapat menambah cantik ruangan anda.

Semakin beragam warna yang dihasilkan dari daun puring maka semakin mahal pula harga puring dipasaran, jadi mahalnya tanaman puring tergantung dari banyaknya warna dan jenis tanaman yang dihasilkan.

Puring sudah lama dikenal diindonesia, tanaman ini banyak ditemukan dikawasan pemakaman karena itu tanaman ini dahulu sering dianggap sebagai tanaman gulma dan tidak memiliki nilai ekonomis, barulah kemudian pada tahun 2008 tanaman puring mulai dilirik sebagai tanaman hias, warna-warni daunnya yang beragam membuat tanaman puring menjadi tanaman hias baru dan memiliki banyak penggemar.

6. Tanaman Hias Daun Keladi Bintang Merah (Red Star)

tanaman hias daun keladi bintang merah red star e1594470675218 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan yang berasal dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Tanaman hias keladi ini berasal dari hutan Brazil namun sekarang sudah tersebar ke berbagai penjuru belahan dunia.

Keladi merupaka jenis tanaman hias yang mengandalkan kecantikan atau daya tarik dari daunnya pada musim-musim tertentu. Pada musim kemarau tanaman ini akan mengalami masa istirahat selama 4-5 bulan. Pada masa istirahat ini, kecatikan daun yang dimilikinya akan sedikit berkurang. Daun keladi ada yang berwarna kombinasi merah, oranye, putih, hijau, perak, atau berwarna putih sampai merah.

Jenis tanaman keladi hias yang paling sering dijadikan tanaman hias adalah dari jenis keladi red star atau keladi bintang merah. Tanaman hias daun yang satu ini memiliki daun seperti keladi namun berbercak dan terdapat warna merah diatasnya. Tanaman ini akan terlihat sangat cantik apabila ditanam di pekarangan rumah, taman ataupun sebagai tanaman hias dalam pot.

Ciri khas dari tanaman hias daun ini adalah bentuk daunnya yang menyerupai bentuk hati. Daun yang dimilikinya biasanya licin karena mengandung lapisan lilin, ukuran lebar daun 30 cm, panjang 30 cm dan ketinggian tanaman ini berkisar antara 35-40 cm. Tanaman tersebut tumbuh dari umbi yang terbentuk semacam bola.

Keladi red star sangat mudah ditanam dan sangat adaptif terhadap segala jenis tanah. Jika dibandingkan dengan jenis tanaman hias lainnya, keladi red star sangat mudah anda jumpai dan harganya lebih terjangkau.

7. Tanaman Hias Daun Sri Rejeki (Aglaonema)

tanaman hias daun sri rejeki e1594470813191 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Tanaman sri rejeki atau aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang paling popular ditanam masyarakat Indonesia untuk menghias halaman atau interior rumahnya.

Reputasi dari tanaman sri rejeki sesuai namanya adalah tumbuhan hias yang dianggap membawa keberuntungan. Tanaman yang juga dikenal dengan nama ilmiah Aglaonema ini dianggap membawa hoki atau keberuntungan bagi masyarakat di China dan Filipina.

Sri rejeki atau Chinese evergreens juga cukup populer di dunia karena digunakan sebagai tanaman hias yang mudah dirawat dan memiliki penampilan memikat. Warnanya yang beraneka ragam ini juga membuatnya berperan sebagai pembersih udara.

Sri rejeki menjadi salah satu flora yang ditetapkan oleh NASA sebagai tanaman yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga, seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara.

Terdapat banyak jenis dari tanaman hias daun sri rejeki yang bisa anda pilih untuk ditanam di halaman dan pekarangan rumah, beberapa diantaranya adalah :

  • Sri Rejeki Jenis Pride of Sumatra
  • Sri Rejeki Jenis Legacy
  • Sri Rejeki Jenis Lipstik
  • Sri Rejeki Jenis Bidadari
  • Sri Rejeki Jenis Dud Anjamani
  • Sri Rejeki Jenis Red Kochin
  • Sri Rejeki Jenis Lady Valentine
  • Sri Rejeki Jenis Sinar Bulan
  • Sri Rejeki Emerald Bay
  • Sri Rejeki Cutlass
  • Sri Rejeki Silver King
  • Sri Rejeki Silver Queen
  • Sri Rejeki Widuri Putih Super

8. Tanaman Hias Daun Kadaka

tanaman hias daun kadaka e1594470908496 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Tanaman hias daun kadala atau Asplenium sp merupakan tanaman hias dari jenis paku-pakuan dan sering dijuluki sebagai sarang burung. Seperti umumnya jensi tanaman paku-pakuan, tanaman kadaka ini akan tumbuh baik di daerah pegunungan yang sejuk dan lembab.

Bentuk dan tampilan daunnya yang seperti dilapisi oleh lilin, sosoknya yang menyerupai sarang burung, menempel di batang dan cabang tanaman yang menambah kesejukan dan kesegarannya.

Tanaman hias ini bisa ditanam dengan cara ditempel pada batang, dinding tembok atau di dalam pot. Jika kadaka ditanam di dalam pot, daun-daunnya akan tumbuh merata ke segala penjuru arah mata angin. Ia menyukai tempat teduh. Tanaman yang ditempatkan di teras rumah atau dalam rumah, tumbuh kembangnya bagus.

Menanam kadaka atau si sarang burung (Asplenium sp) terbilang mudah. Tanaman ini hanya butuh tempat yang teduh dan kelembaban media tanam juga terjaga. Tanaman yang tumbuh dengan baik akan siap menampilkan pesonanya yang indah dipandang. Selain kesegarannya, keindahannya juga bisa anda nikmati.

9. Tanaman Hias Daun Lili Paris atau Spider Plant

tanaman hias daun lili paris e1594470996911 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Tanaman hias daun spider plant dikenal dengan nama Chlorophytum Comosum, atau umumnya disebut di indonesia dengan nama lili paris. Tanaman yang aslinya berasal dari Afrika Selatan ini sangat mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Daunnya yang panjang dan rimbun tersedia dalam warna hijau atau strip kuning dan strip putih. Batangnya yang panjang sebenarnya kokoh dan banyak ditumbuhi bunga putih.

Keunikan dari tanaman lili paris adalah ketika batang tanaman lili paris telah menyentuh tanah, ia akan mengakar. Jadilah Lili paris Anda sebagai tanaman yang juga dapat merambat.

Jika dilihat secara fisik, Lili paris memiliki daun yang panjang dengan ujung yang meruncing. Panjangnya bervariasi antara 20 hingga 40 centimeter. Meski dapat dibiarkan tumbuh di tanah, namun lili paris lebih umum ditempatkan di dalam pot yang digantung.

Tanaman hias daun ini dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya terang yang tidak langsung. Lili paris mungkin dapat mentolerir cahaya langsung dari sinar matahari. Namun jika penerimaan cahaya itu terjadi pada tengah hari, daun-daun tanaman akan terbakar.

Suhu yang dibutuhkan adalah sekitar 18° C hingga 23° C pada siang hari dan sekitar 10° C hingga 12° C. Suhu di negara tropis seperti Indonesia memang tidak serendah yang dibutuhkan oleh tanaman ini. Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab perkiraan suhu yang disebutkan tadi adalah suhu yang ideal. Jadi, suhu yang sedikit lebih tinggi tidak akan membawa banyak masalah bagi Lili paris untuk dapat hidup di rumah Anda.

10. Tanaman Hias Daun Sirih Gading

tanaman hias daun sirih gading e1594471088836 - 10 Tanaman Hias Populer Berdasarkan Keindahan Bentuk dan Warna Daunnya

Daun sirih gading adalah tanaman hias yang cukup populer. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan merambat semi-epifit (menumpang dengan tumbuhan yang lain).

Ciri dari tanaman hias sirih gading yaitu daunnya yang berwarna hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Bentuk daunnya seperti jantung hati. Tanaman ini bisa merambat pada tanaman lain yang mempunyai batang lebih besar hingga menutupi batang pohon yang dirambatnya.

Tanaman sirih gading dapat tumbuh hingga mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Jika ditanam di dalam pot, tanaman ini akan mempunyai ukuran daun yang lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *