kelebihan dan kekurangan hidroponik

12 Keunggulan dan 5 Kekurangan Metode Hidroponik Sebagai Pertimbangan

Diposting pada

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan hidroponik yang perlu anda ketahui. Terlebih jika anda berniat menggeluti sistem tanaman hidroponik yang menggunakan air sebagai media tanamnya ini. Dengan demikian anda memiliki acuan untuk menerapkan metode ini secara tepat.

Sebagaimana kita ketahui, terdapat beberapa teknik khusus dalam bercocok tanam menggunakan metode hidroponik yang bisa disesuaikan dengan kemampuan biaya yang anda alokasikan. Unruk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman yang seharusnya didapat dari tanah, maka dalam metode hidroponik ini digunakan berbagai media tanam. Media tanam yang beraneka macam ini meliputi air, kerikil, pasir, sekam, hingga cocopeat dan rockwool.

Berbeda dengan proses alaminya dimana setiap tanaman seharusnya tumbuh ditanah, sistem hidroponik ini mengesampingkan hal itu. Hasil rekayasa yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan ini bertujuan memberikan solusi untuk permasalahan. Permasalahan yang dimaksud adalah seandainya tidak memungkinkan menggunakan tanah sebagai media tumbuh dari tanaman. Oleh karena itu sistem ini memiliki kekurangan dan kelebihan jika dibandingkan menggunakan tanah.

12 Kelebihan Pembudidayaan Tanaman Sistem Hidroponik

kelebihan keunggulan hidroponik e1593613873142 - 12 Keunggulan dan 5 Kekurangan Metode Hidroponik Sebagai Pertimbangan

Pembudidayaan sistem hidroponik merupakan solusi yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan ketersedian lahan untuk tumbuh tanaman. Lahan yang dimaksud disini adalah media tanah yang cukup luas sebagai tempat tumbuh tanaman.

  1. Tidak membutuhkan tanah => Hal ini akan membuat area bercocok tanam menjadi semakin bersih karena tidak menggunakan tanah sama sekali.
  2. Pertumbuhan tanaman akan lebih cepat => Ini karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman akan terserap secara lebih baik mengingat media yang digunakan berbentuk cair.
  3. Tidak perlu melakukan penyiraman tanaman seperti bercocok tanam pada umumnya => Ini karena media yang digunakan sudah memakai air, bukan tanah.
  4. Tenaga yang dibutuhkan lebih sedikit => Anda tidak perlu melakukan pengolahan lahan, penanaman serta memanen. Metodenya lebih praktis dan juga efisien.
  5. Proses memanen tanaman lebih mudah => Apabila dibandingkan dengan metode bercocok tanam yang menggunakan tanah, proses memanen terasa jauh lebih mudah.
  6. Proses panen cepat => Umumnya budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik ini lebih cepat dari metode umum yang sering dilakukan.
  7. Hasil panen lebih banyak => Ada kecenderungan hasil panen menggunakan metode hidroponik hasilnya lebih banyak dari metode biasa (konvensional).
  8. Menghemat tempat => Anda tidak memerlukan lahan hingga berhrktar-hektar untuk bercocok tanam. Metode  hidroponik cocok untuk dilakukan di lahan sempit bahkan di daerah perkotaan.
  9. Hasil panen bersih dan steril => Buah atau sayuran yang dihasilkan dari metode hidroponik akan menjadi lebih steril karena bebas dari pestisida ataupun herbisida berbahaya. Hal ini tentu jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan sayur dan buah yang ditanam di lahan perkebunan dan menggunakan pestisida.
  10. Lebih bebas hama => Resiko tanaman terserang hama serta penyakit akan lebih kecil.
  11. Tidak tergantung cuaca => Metode bercocok tanam menggunakan hidroponik tidak akan tergantung cuaca. Anda tetap bisa bercocok tanam pada saat cuaca panas maupun dingin.
  12. Penggunaan pupuk lebih efisien => Penggunaan pupuk dalam metode ini akan dapat menjadi lebih hemat serta efisien.

Melihat beberapa kelebihan diatas tentunya dapat disimpulkan bahwa sistem hidroponik ini sangat cocok bagi anda yang bertempat tinggal diperkotaan. Keterbatasan lahan bukan menjadi masalah untuk melakukan hobi bercocok tanam atau bahkan menjadikannya sebagai bisnis utama.

5 Kekurangan Sistem Tanaman Hidroponik

kekurangan hidroponik scaled e1593613950607 - 12 Keunggulan dan 5 Kekurangan Metode Hidroponik Sebagai Pertimbangan

Setelah anda mengetahui dan memahami berbagai kelebihan metode hydroponics diatas, anda sebaiknya mengetahui kelemahan atau kekurangan dari metode sistem tanaman hidroponik ini.

  1. Membutuhkan modal yang besar => Metode pembudidayaan tanaman hydroponic cocok untuk skala besar agar hasilnya terasa. Untuk memulainya membutuhkan modal yang tidak sedikit meskipun idak sebesar menggunakan lahan berhektar-hektar. Namun perlu anda pahami bahwa alokasi modal yang besar seimbang dengan penghasilannya.
  2. Perangkat dan peralatan hidroponik => Karena metode hydroponics masih terbilang jarang dilakukan oleh masyarakat, maka perangkat pemeliharaan metode hydroponics juga terbilang masih langka. Alat tertentu masih sulit untuk didapatkan, kemudian juga karena masih sedikitnya ahli hidroponik yang ada di Indonesia. Hal ini akan membuat anda kesulitan pada saat membutuhkan perawatan peralatan tertentu.
  3. Membutuhkan ketelitian ekstra => Dalam bercocok tanam dengan metode hydroponics , anda harus benar-benar memperhatikan serta mengontrol nutrisi yang diberikan pada tumbuhan, termasuk di antaranya adalah kadar atau tingkat keasaman pH. Apabila anda tidak memiliki latar belakang pertanian, akan terbilang sulit untuk bercocok tanam secara hydroponics.
  4. Invetesi yang Tinggi =>  Besarnya investasi yang dibutuhkan untuk bercocok tanam secara hydroponics juga terbilang tinggi. Hal ini terutama untuk membeli peralatan, perlengkapan serta biaya pemeliharaan dan lain-lain.
  5. Membutuhkan kreativitas dan keterampilan khusus => Anda dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi dalam membuat aneka peralatan hidroponik sendiri dan membuat nutrisi sendiri agar tidak perlu membeli peralatan khusus yang harganya mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Sebagai Bahan Pertimbangan

bahan pertimbangan untuk membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik e1593614092314 - 12 Keunggulan dan 5 Kekurangan Metode Hidroponik Sebagai Pertimbangan

Apabila modal yang terbilang lebih mahal maka anda harus memenuhinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Budidaya ini dapat berjalan dengan baik maka lama kelamaan modal anda di awal dapat kembali dan justru mendapatkan keuntungan yang lebih.

Untuk masalah perawatan yang lebih sulit menuntut anda agar tidak boleh bermalas-malasan untuk merawat dan memelihara tanaman hydroponic ini agar hasil yang anda panen jauh lebih berkualitas.

Sebenarnya nutrisi yang diperlukan untuk tanaman hidroponik ini dapat anda beli secara instan. Kemudian nutrisi tersebut harus diracik atau diramu dengan dosis yang tepat. Nutrisi untuk hidroponik ini harus pas, namun anda tidak perlu khawatir karena tata caranya biasanya sudah tertera pada bungkus produk nutrisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *