15 jenis bunga hias terpopuler

15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Diposting pada

Umumnya semua orang (termasuk anda) menyukai bunga hias untuk menghiasi taman dan pekarangan rumah. Meskipun dari segi harga jenis tanaman hias ini cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Bunga ini bisa membuat bangunan, taman, kolam bahkan dekorasi suatu tempat menjadi lebih indah.

Semua tanaman bunga hias bisa dikatakan memiliki keunikan tersendiri mulai dari bunga, daun, batang, bahkan tempat media tanamnya. Tak sekedar terlihat indah beberapa jenis tanaman bunga hias juga diketahui mampu mengeluarkan aroma segar untuk mengharumkan ruangan. Tentu saja semua kembali ke selera anda, bibit bunga jenis apakah yang akan menghiasi rumah anda.

1. Tanaman Hias Bunga Mawar

bunga hias mawar e1594048717700 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Anda bisa memilih bunga mawar sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan. Selain indah tanaman ini juga memiliki lebih dari 100 spesies. Bunga mawar memiliki nama latin Rosa sp dari genus Rosaceae.

Tanaman mawar merupakan jenis tumbuhan golongan tinggi karena memiliki biji tertutup. Tumbuhan dikotil ini memiliki batang yang bertekstur kayu dan berakar tunggang yang bisa membesar karena memiliki kambium.

2. Tanaman Hias Bunga Bogenville (Bunga Kertas)

tanaman hias bunga kertas bougenville e1594048833203 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga bogenville merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling sering dijumpai, mulai di pekarangan rumah keluarga atau teman, di taman kota hingga di pinggir jalan dan trotoar. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Antonio De Bougainville yang merupakan seorang pelaut berkebangsaan Peransi di Brasil pada tahun 1769-1776.

Bunga ini kerap dikenal dengan sebutan bunga kertas oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tentu tak lepas dari kelopak bunga bougenville yang cenderung tipis dan menyerupai kertas. Selain cantik bunga ini juga bermanfaat untuk menyerap polusi udara di jalanan dan meredam kebisingan.

3. Bunga Hias Anggrek

bunga hias anggrek e1594048976401 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Dari sekian banyak jenis tanaman hias, anggrek termasuk salah satu yang paling banyak dipilih. Harga yang relatif mahal tidak menyurutkan para pecintanya untuk selalu memperbanyak koleksi. Alasannya, tentu saja, karena bentuk bunga anggrek memang sangat cantik dan unik.

Indonesia sangat kaya akan anggrek, terutama jenis epifit yang hidup di hutan-hutan Sumatra hingga Papua. Pada tanggal 5 Juni 1990, anggrek bulan yang berwarna putih dan berlidah kuning dinobatkan sebagai bunga pesona.

Apa Itu Bunga Hias Anggrek?

Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan suku tumbuhan berbunga yang memiliki jenis paling banyak. Meskipun sebagian besar ditemukan di wilayah tropis, jenis-jenis anggrek juga tersebar luas mulai dari daerah tropis basah hingga sirkumpolar.

Tanaman anggrek memiliki organ sukulen, yaitu tebal dan berdaging karena menyimpan cadangan air agar mampu bertahan hidup dalam kondisi kurang air. Walaupun begitu, anggrek tidak dapat tumbuh alami di daerah gurun karena perakarannya tidak intensif.

Jenis Bunga Hias Anggrek

Pada umumnya, anggrek tidak tahan jika terpapar secara langsung dan terus menerus. Karena itulah, di alam bebas, anggrek biasanya hidup di lantai hutan atau di bawah naungan pohon lainnya. Sebagai tanaman hias, bunga anggrek akan lebih tahan lama jika disimpan di dalam ruangan.

Anggrek yang berasal dari daerah tropis termasuk tumbuhan epifit dan hidup dari hujan, tetesan air, embun, dan udara lembap. Sementara itu, anggrek yang berasal dari daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi untuk beradaptasi dengan musim dingin.

Berdasarkan tempat tumbuhnya, dikenal beberapa jenis anggrek, yaitu sebagai berikut :

  • Anggrek epifit => Tumbuh menumpang pada pohon lain agar terlindung dari sinar matahari. Anggrek ini tidak mengambil makanan dari pohon inangnya, melainkan dari air hujan, kabut, dan udara.
  • Anggrek terestrial => Tumbuh di atas tanah dan membutuhkan sinar matahari langsung. Akar tanaman ini mengambil makanan dari tanah.
  • Anggrek saprofit => Tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering. Tanaman ini tidak mempunyai daun dan klorofil dan hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari.
  • Anggrek litofit =>  Jenis anggrek yang paling tahan terhadap cahaya matahari penuh. Tanaman ini tumbuh di batu-batuan atau tanah berbatu.

4. Bunga Hias Sepatu

tanaman hias bunga sepatu e1594049073932 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga sepatu termasuk dalam keluarga Malvaceae, mudah di temukan karena biasanya sering dijadikan tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. Bunga yang indah dengan warna yang mencolok ini bisa memberi kesegaran mata saat memandangnya.

Selain indah bunga ini juga memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menyembuhkan sakit kepala, bronkitis, dan gondokan. Tak heran bila sekarang manfaat daun sepatu bisa ditemui secara instan di pasaran dalam bentuk bubuk atau rajangan teh yang terbuat dari bunga sepatu.

5. Tanaman Bunga Hias Geranium (Tapak Dara)

bunga hias geranium atau tapak dara e1594049294966 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga geranium memiliki ciri khas kelopak yang saling bertumpuk membuat bunga geranium amat sangat cantik. Biasanya bunga ini hadir dalam beragam warna mulai dari putih, merah muda, dan ungu.

Tanaman geranium ini bisa tumbuh sekitar 20 cm hingga 40 cm jika di tanam dalam pot tanaman. Namun jika dibiarkan tumbuh liar di pekarangan rumah tingginya bisa mencapai empat meter. Selain cantik bunga geranium juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

6. Bunga Hias Teratai

tanaman hias bunga teratai e1594049428753 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Jika anda memiliki kolam ikan di pekarangan rumah, memilih bunga teratai sebagai tanaman hias adalah suatu pilihan yang tepat. Mengingat bunga teratai merupakan salah satu jenis bunga yang unik karena hidup di atas permukaan air, maka bunga ini cocok untuk menghiasi kolam halaman rumah anda.

Selain unik teratai memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti menjaga kesehatan kulit. Karena bunga hias teratai memiliki kandungan antioksidan dan vitamin A yang baik untuk kulit.

7. Bunga Hias Lotus

bunga hias lotus e1594049595526 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga lotus bisa jadi salah satu alternatif tanaman hias bagi anda yang menyukai keindahan. Bunga lotus dikenal dengan nama bunga seroja dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera geratn yang berasal dari wilayah India.

Bunga Lotus memiliki nama Ilmiah Nelumbo Nucifera nama ilmiah lainya adalah Nelumbium Nelumbo, Nelumbo Specesiosa, Nelumbium Specium.

Nama bunga hias ini lebih dikenal di dunia adalah Sacred Water Lotus, Sacret Lotus atau Chinese Arowroot, dan lainnya. Bunga ini tumbuh dalam lumpur dan mekar diatas air.

Secara keseluruhan bunga ini mempunyai aroma harum dan tumbuh menjulang di permukaan air dengan daun yang melebar sejajar dengan air. Panjang tangkai tergantung dengan pedalaman air,mulai dari 20-200 cm berbentuk bulat panjang. Diameter bunga juga tergantung dari jenisnya mulai dari 10 cm -20 cm. Benang sari yang berwarna kuning akan terlihat memenuhi bagian kelopak yang mempunyai warna beragam mulai dari ungu, birumerah ,dan putih.

8. Bunga Hias Kemuning

bunga hias kemuning - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Salah satu tanaman hias yang memiliki bau wangi yang tajam adalah bunga kemuning, semakin malam baunya akan semakin tajam. Selain untuk menghiasi pekarangan rumah, kerap kali dipakai untuk dekorasi dalam acara pernikahan.

Tumbuhan tropis ini sangat terkenal dalam beberapa cerita legenda atau dongeng di Indonesia seperti legenda rakyat Riau, Asal Usul Bunga Kemuning. Saking terkenalnya kemuning tanaman ini juga ditanam di halaman Rumah Gadang di Minangkabau.

Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Selain itu kemuning juga memiliki khasiat herbal, yang di dalamnya terkandung senyawa kimia antara lain kumarin, alkaloid skopolamin, heptametoksi flavonoid.

Beberapa penelitian terhadap tanaman kemuning yang telah dilakukan oleh beberapa universitas di Thailand dan India, melihat bahwa tanaman ini memiliki aktivitas antibakteri dan antiinflamasi, seperti yang dilakukan tim peneliti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahidol Bangkok Thailand.

Ekstrak daun kemuning yang mampu menghambat bakteri periodontopathic, bahkan senyawa dalam ekstrak daun terisolasi menunjukkan aktivitas antibakteri dan antiinflamasi terhadap periodontopathic gingivalis. Konstituen kumarin dari daun kemuning potensial untuk pengembangan obat antimikroba untuk mengobati penyakit periodontal.

9. Bunga Hias Lili

tanaman hias bunga lili e1594050322389 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga lili merupakan bunga musim panas dengan nama latin marganya (genus) adalah lilium. Bunga yang tumbuh dari umbi ini memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar seperti terompet, selain itu juga memiliki putik yang tumbuh seperti korek api.

Bunga lili berasal dari Asia Barat dan Mediterania dengan beragam macam-macam warna yang menarik. Maka dari itu tak heran bila banyak orang mengagumi keindahannya dan memilihnya sebagai salah satu tanaman yang menghiasi pekarangan rumah.

10. Bunga Hias Matahari

tanaman hias bunga matahari e1594050395510 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga matahari atau Helianthus annuus L. adalah tumbuhan semusim dari suku Asteraceae yang cukup populer, baik sebagai tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini amat khas ukurannya besar, pada umumnya warnanya kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter dapat mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya merupakan bunga majemuk, tersusun dari ratusan sampai ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Bunga Matahari juga mempunyai keunikan yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari. Bunga matahari juga dapat menghasilkan minyak yang dapat digunakan dalam memasak dan lebih menyehatkan ketimbang minyak kelapa. Biji bunga mataharinya juga biasa diolah menjadi cemilan kuaci. Bila dijadikan tanaman hias bunga, pasti halam rumah anda akan terlihat lebih ceria.

Bisa dibilang bunga matahari merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia, hampir semua orang mengetahuinya tidak jarang juga mengaguminya dan menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias di rumah.

Bunga matahari merupakan jenis bunga majemuk yang terdiri dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada tongkolnya. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yakni selalu mengikuti arah sinar matahari. Karena perilakunya tersebut bunga matahari kerap dihubungkan dengan kesetiaan.

11. Bunga Hias Asoka

tanaman hias bunga asoka - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga asoka atau nama ilmiahnya Ixora paludosa masuk ke dalam keluarga Rubiaceae atau soka-sokaan. Kata asoka sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti bebas dari kesedihan. Umumnya tinggi dari pohon asoka lebih dari 4 meter dan lingkar pangkal batang bisa mencapai 40 cm.

Tanaman hias ini memiliki beragam warna diantaranya seperti merah muda, merah terang, kuning hingga oranye. Bunga tersusun secara bergerombol. Perawatan yang mudah serta tampilan bunga yang cantik membuat banyak orang menyukainya.

12. Bunga Hias Lavender

bunga hias lavender e1594050705954 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Lavender adalah tanaman yang terbilang handal dan tidak mudah mati. Tidak rewel, dan tidak butuh macam-macam perawatan tambahan. Satu-satunya hal yang sulit bagi tanaman ini yaitu musim dingin / salju. Karena di Indonesia tidak ada musim dingin dan salju, maka bisa dibilang tanaman ini sangat cocok di Indonesia.

Lavender ialah tumbuhan semak pendek, banyak mempunyai cabang dan dapat tumbuh sampai mencapai ketinggian sekitar 60cm atau 24 inci. Batang tanaman ini umumnya berongga di bagian batang bawah, bercabang , tegak, dan bertunas.

Lavender juga diketahui sebagai bunga nasional negara Portugal. Bunga ini bisa pula dipakai dalam memasak. Selain itu bunga Lavender juga menjadi saingan utama bunga geranium dalam mengusir nyamuk. Kegunaannya akan kian meningkat ketika bunga ini dikeringkan. Beberapa tahun terakhir bunga lavender melejit menjadi tanaman hias bunga alternative masyarakat Indonesia karena Lavender juga bisa menjadi tanaman hias dalam ruangan.

13. Bunga Hias Kenanga

bunga hias kenanga - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bunga Kenanga atau Cananga odorata merupakan salah satu tanaman hias bunga khas Indonesia. Terbukti nama bunga ini biasa dipakai sebagai nama tambahan pada anak. Bunga kenanga mempunyai nama ilmiah Cananga odorata dan ditetapkan menjadi tanaman khas Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Bunga kenanga mempuyai kelopak bunga yang warnanya kuning, meskipun awalnya warnanya hijau. Selain itu tanaman ini juga memiliki bau yang amat harum sehingga akan membuat suasana rumah Anda menjadi lebih nyaman. Biasanya tanaman ini juga dipakai sebagai hiasan pada upacara-upacara adat atau pesta pernikahan.

14. Tanaman Hias Bunga Dahlia

tanaman hias bunga dahlia - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Salah satu tanaman hias bunga terindah favorit para kolktor bunga. Bunga Dahlia merupakan salah satu jenis bunga yang mempunyai proses perkembang-biakannya telat ketimbang bunga-bunga lainnya. Sekarang, bunga dahlia telah terdiri dari beberapa kultivar, bahkan ratusan.

Tanaman dahlia kebanyakan memproduksi bunga berwarna cerah serta mempesona. Tidak heran bila bunga dahlia ini menjadi komoditas utama untuk para pelaku industri tanaman pot bunga dan kolektor.

Seperti halnya dengan merawat tanaman hias lainnya, bunga dahlia tampaknya mudah ditanam dan berkembang biak. Anda bisa menambah jumlah bunga tersebut dengan melakukan stek batang, pemisahan anakan atau memberi biji dan umbi di sekitar tanaman. Supaya cepat berbunga, bibit bunga yang sudah ditanam disiram secara teratur yakni dua bulan sekali.

15. Bunga Hias Melati

bunga hias melati e1594051435640 - 15 Jenis Tanaman Hias Bunga Populer untuk Halaman Rumah dan Taman

Bila dibandingkan dengan mawar dan kamboja jepang, bunga melati memang kalah popularitas. Padahal bila dilihat seksama, bunga melati justru tidak kalah dari segi keindahannya dengan bunga lain apabila dijadikan sebagai tanaman penghias rumah. Karena baunya yang sangat harum, melati juga bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti dari pewangi ruangan.

Melati akan menghasilkan bunga pada bulan ke delapan bila dirawat secara baik dan teratur. Tapi  bila perawatan bunga melati dilakukan secara asal-asalan, tentu tanaman ini akan memproduksi bunga yang jauh lebih lama dari pada umumnya.

Bunga melati akan tetap berbunga sampai 3 bulan lamanya walaupun kadang-kadang jumlahnya akan kian menurun secara perlahan.  Melati mempunyai bunga warnanya putih dan baunya sangat harum. Tanaman melati ini amat mudah perawatannya dan paling tahan terhadap hama.

Karena termasuk jenis tanaman perdu, melati tidak membutuhkan perawatan khusus. Bisa ditanam di halaman atau di dalam pot. Anda cuma perlu melakukan pemangkasan untuk merapikan rantingnya dan juga menjaga supaya ukurannya tak terlalu besar.

Melati merupakan tanaman hias bunga yang amat terkenal di Indonesia. Bahkan, jenis melati putih  yaitu Jasminum sambac, ditetapkan menjadi salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan anggrek bulan dan Rafflesia arnoldii.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *